Mata merupakan salah satu bagian tubuh terpenting sebab dengan organ tersebut Anda bisa melihat banyak hal. Namun, apakah Anda merasa sudah merawat mata dengan maksimal?

Banyak orang mungkin lupa menjaga kesehatan mata ketika tak ada sesuatu yang terjadi, misalnya iritasi. Akan tetapi, lebih baik bila dalam rutinitas sehari-hari, Anda pun membiasakan diri untuk melakukan perawatan ekstra pada mata. Hal ini dilakukan agar mata senantiasa berfungsi secara normal untuk jangka panjang.

Berikut beberapa cara mudah merawat mata yang bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari:

Mengistirahatkan mata dari layar

Dalam satu hari, berapa lama Anda menatap layar komputer dan ponsel? Terlalu lama memandangi layar dapat menyebabkan ketegangan pada mata, pandangan kabur, sulit fokus melihat jarak jauh, mata kering, sakit kepala, serta nyeri pada leher, punggung, dan bahu.

Agar mata senantiasa terlindungi, Anda bisa menggunakan kacamata khusus yang nyaman digunakan untuk melihat layar, pindahkan layar agar sejajar dengan mata, menghindari silau dari jendela dan lampu, serta lebih banyak berkedip bila mata kering.

Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit dengan melihat sesuatu dengan jarak sekitar 20 meter selama 20 detik.

Rutin ke dokter mata

Setidaknya, setiap dua tahun periksakan mata Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Jika memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, Anda bisa ke dokter setiap tahun.

Pemeriksaan mata secara teratur bisa mendeteksi penyakit mata dan kondisi yang mungkin tidak memiliki gejala awal, seperti glaukoma, kondisi mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Memakai kacamata hitam

Saat berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Sebab terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak.

Radiasi UV berbahaya bagi mata karena dapat masalah mata seperti peradangan atau kerusakan pada kornea. Untuk perlindungan maksimal, pilihlah kacamata yang bisa memblokir 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB.

Makanan untuk mata

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk mata, salah satunya ikan yang kaya asam lemak omega-3, seperti tuna, salmon, kembung, sarden, dan teri. Makanan lain adalah kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang mete, kenari, biji chia, dan biji rami.

The American Optometric Association pun merekomendasikan makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan mata, termasuk lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam makanan seperti bayam, kale, dan telur, dan dapat mengurangi risiko penyakit mata kronis.

Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau, wortel, telur, daging, banyak minum air putih, dan makan buah kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, dan anggur.

Berat badan sehat

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda perlu mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko terkena diabetes hingga kehilangan penglihatan.

Lensa kontak

Anda mungkin sudah tahu bahwa lensa kontak sebaiknya tak dipakai saat tidur. Akan tetapi masih banyak yang tidak menyadari bahwa alat bantu penglihatan tersebut juga tidak dibiarkan basah.

Lepaskan lensa kontak sebelum Anda mandi, berenang, atau mencuci wajah. Sebab menurut ahli bedah mata, Beeran Meghpara, lensa kontak bertindak seperti spons. Ketika digunakan saat mandi atau berenang, bisa berisiko terekspos hal-hal seperti bakteri dan parasit.

Salah satu jenis parasit yang dapat menyebabkan infeksi adalah acanthamoeba, parasit yang dapat hidup di danau dan lautan. Ini akan menyebabkan infeksi kornea yang dapat menyebabkan sakit mata, mata kemerahan, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya, dan perasaan seperti ada sesuatu di mata.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah mencuci tangan saat akan memakai dan melepas lensa kontak. Ini dilakukan untuk menghindari risiko infeksi pada mata. Jangan lupa untuk membersihkan lensa kontak Anda secara rutin.

Sumber:https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/kiat-merawat-mata-demi-kesehatan-jangka-panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *